Open House The Little Giantz, Kantor The Little Giantz



Artikel ini telah di publikasi oleh Antvklik.com ketika berkunjung ke Kantor The Little Giantz. Berikut artikel :

Bagi penggemar animasi terutama Disney, pastinya sudah tidak asing dong ya sama film Coco? Film yang memiliki cerita menyentuh, dan pastinya bikin kamu nangis di bioskop ini, berhasil memenangkan penghargaan Golden Globe Awards sebagai Best Animated Feature. Selain memenangkan Best Animated Feature, Coco juga memenangkan Best Original Song untuk lagu Remember Me. Sekarang yuk marikita berbicara tentang perusahaan animasi di Indonesia, yup siapa lagi kalau bukan Little Giantz Indonesia.

Sejenak mari kita lupakan film Coco dan sederet penghargaannya, bagaimana nasib animasi sendiri di Indonesia? Perkembangan animasi di Indonesia sendiri, masih sangat kurang disambut baik oleh masyarakat Indonesia, dan juga peran dukungan pemerintah yang masih sangat kurang.


Meskipun dirasa mampu untuk bersaing di dunia internasional, para seniman terutama animator di Indonesia masih kurang dilirik oleh pemerintah dengan dukungan berupa, ketersediaan lapangan kerja, beasiswa untuk pendidikan animasi, kemudahan pajak, permodalan usaha kreatif industri animasi dan bantuan dalam hal pemasaran.

Jumat lalu, Tim ANTVKlik berkesempatan untuk intip dapur salah satu perusahaan animasi di Indonesia lho, The Little Giantz Indonesia. Mungkin nama ini sedikit asing di telinga, namun Indonesia patut bangga dengannya. Siapa yang menyangka jika The Little Giantz Indonesia merupakan salah satu perusahaan animasi yang sudah bertaraf internasional? Kami pun dibuat terkagum dengan client besar yang ditangani oleh The Little Giantz ini.


'Sinergi Membangun Industri Animasi Indonesia', tema itu dipilih oleh The Little Giantz dengan tujuan dapat menumbuhkan minat generasi muda, untuk terjun ke dunia animasi. Tentunya dengan harapan bisa menghasilkan sebuah industri yang profesional dengan daya jangkau internasional, seperti yang sudah dilakukan oleh The Little Giantz. Selain itu, The Little Giantz Indonesia juga mengundang perwakilan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Bapak. Wawan Rusiawan, selaku Direktur Riset dan Pengembangan.

Kehadiran Bapak Wawan Rusiawan ini, pastinya dengan tujuan para pelaku industri kreatif terutama animasi bisa mendapatkan sedikit keringanan dalam mengembangkan bisnis animasi di Indonesia. Tidak hanya Bapak Wawan Rusiawan yang turut hadir, Bapak Deddy Syamsuddin selaku Head of Animation Program Binus University juga hadir menjadi pembicara.

Kantor Super Nyaman


Tim ANTVKlik disambut hangat saat tiba di kantor The Little Giantz Indonesia. Kantor ini memiliki lahan yang cukup luas, dan memiliki desain bangunan yang terlihat seperti bangunan yang unik. Ketika masuk, kami langsung diajak untuk berkeliling kantor The Little Giantz. Tidak seperti diluar, bangunan di dalam cukup membuat kami terkagum. Banyak games yang disajikan disana, mungkin dengan tujuan agar para karyawan tidak jenuh dan stres dengan deadline yang menghantui.

Little Giantz Indonesia

Bapak Aditya Triantoro, selaku CEO dari The Little Giantz Indonesia mengatakan bahwa perusahaan animasinya baru saja berdiri satu tahun, namun sudah berhasil mencuri pasar internasional sekelas Disney XD, Ubisoft, Lego, Anima Point, Wilfilm dan Lucasfilm. Kebayang dong gimana kerennya The Little Giantz ini?

Kita pernah dapet tawaran langsung dari perusahaan animasi di luar sana, tapi kita terkendala persyaratan. Salah satu syaratnya adalah kita harus punya minimal 300 tenaga kerja. Kita cuma punya sekitar 150aja. Jadi dari syarat itu aja kita belum bisa, padahal kita mampu.
-Adittoro-

Aditya Triantoro atau biasa disapa dengan Adittoro juga menambahkan, kalau dirinya sempat terkendala dengan pajak. Dirinya memiliki keinginan untuk memesan alat untuk produksi animasi, yang dikirim langsung dari luar negeri. Namun, setelah dihitung, biaya pajak dan harga alat yang dipesan hampir sama, sehingga Adittoro mengurungkan niatnya untuk memesan alat tersebut.

Berkat bertemunya Adittoro bersama dengan Bapak Wawan, membuka peluang dan sedikit keringanan terkait biaya pajak tersebut. Bapak Wawan mengatakan bahwa dirinya akan melakukan negosiasi terkait pajak yang dikenakan. Hal tersebut tentunya melegakan para pelaku bisnis animasi, dan pastinya berharap agar pemerintah lebih memperhatikan dunia animasi di Indonesia.


Pertemuan singkat, namun padat yang kami hadiri ini membuka peluang yang sangat besar bagi kalian yang ingin terjun ke dunia animasi. Bahkan, Bapak Wawan mengatakan sudah mendapat tawaran dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. Beliau mengatakan bahwa akan hadir di Indonesia para pelaku seni besar dan ternama dari Amerika, yang akan membagikan ilmu kepada masyarakat Indonesia tentang industri animasi.

Tempat Mencetak Animator Handal

Pihak The Little Giantz, sebagai salah satu studio animasi ingin membantu, dan berencana menghadirkan kursus di bidang animasi. Nantinya, para peserta kursus animasi ini yang sudah mendaftarkan dirinya bisa mendapat pelajaran langsung seputar animasi, yang akan dibimbing langsung dengan animator-animator handal dari The Little Giantz.

Semoga dengan bertemunya para pelaku seni terutama dibidang animasi, dengan perwakilan dari BEKRAF bisa mencerahkan dan sama-sama membangun kemajuan industri animasi hingga ke mancanegara ya.

Artikle Sumber : Antvklik.com